4.10.2009

The Purpose Driven Life (Kehidupan yang digerakkan oleh tujuan) (Part3)

.
.

Hari ketiga Apa yang menggerakkan Kehidupan Anda

Apakah yang menjadi daya penggerak dalam kehidupan Anda?

Sekarang Anda mungkin digerakkan oleh suatu masalah, suatu tekanan, atau suatu batas waktu. Anda mungkin digerakkan oleh ingatan yang menyedihkan, ketakutan yang menghantui, atau suatu keyakinan yang tidak disadari. Ada ratusan kondis, nilai, emosi yang bisa menggerakkan kehidupan Anda. Berikut ini ada lima penggerak yang paling umum :

Banyak orang digerakkan oleh rasa bersalah. Mereka menghabiskan seluruh hidup mereka dengan berlari dari rasa penyesalan dan menyembunyikan rasa malu mereka. Orang-orang yang digerakkan oleh rasa bersalah dimanipulasi oleh ingatan-ingatan. Merekan membiarkan masa lalu mereka mengendalikan masa depan mereka. Mereka sering kali secara tdak sadar menghukum diri sendiri dengan merusakkan keberhasilan mereka sendiri.

Kita adalah produk dari masa lalu kita, tetapi kita tidak perlu menjadi tawanan dari masa lalu. Tujuan Allah tidak di batasi oleh masa lalu Anda. Dia juga mampu melakukan hal-hal ajaib dalam sisa hidup Anda. Allah ahli dalam memberikan orang-orang suatu awal yang baru.

Banyak orang digerakkan oleh kebencian dan kemarahan. Mereka mempertahankan kepahitan dan tidak pernah sembuh darinya. Bukannya melepaskan penderitaan mereka melalui pengampunan, mereka mengulangi berkali-kali dalam pikiran mereka. Sebagian oarng yang digerakkan oleh kebencian bersikap “bungkam” dan menyimpan sendiri kemarahan mereka, sementara sebagian lain bersikap “amat marah” dan mencetuskannya kepada orang lain. Kedua tanggapan itu tidak sehat dan tidak berguna.

Kebencian selalu lebih melukai Anda ketimbang orang yang Anda benci. Sementara orang yang menyakiti hati anda mungkin telah melupakan perbuatan mereka tersebut dan melanjutkan hidup. Sementara anda terus dipenuhi penderitaan Anda , dengan mengabadikan masa lalu.

Orang-orang yang melukai Anda pada masa lalu tidak terus melukai Anda sekarang, kecuali jika Anda mempertahankan rasa sakit itu melalui kebencian. Masa lalu Anda adalah masa lalu!. Tidak ada yang bisa mengubahnya . Anda hanya melukai diri dengan kepahitan Anda. Demi diri Anda sendiri, belajarlah dari masa lalu tersebut, lalu jangan mengingatnya lagi.

Banyak orang digerakkan oleh rasa takut. Ketakutan-ketakutan mereka mungkin dari akibat dari adanya pengalaman traumatis, harapan-harapan yang tidak masuk akal, bertumbuh dalam keluarga dengan pengawasan keras, atau bahkan kecenderungan genetic. Tanpa memandang penyebabnya, orang-orang yang digerakkan oleh ketakutan sering kali kehilangan kesemapatn-kesempatan besarkarena merekan takut untuk mananggung resiko. Sebaliknya merekan mencari aman, menghidari resiko dan berupaya untuk memelihara status quo.

Ketakutan adalah penjara yang dibangun oleh diri sendiri yang akan menghalangi anda untuk menjadi apa yang Allah maksudkan bagi Anda. Anda harus bergerak melawannya dengan senjata iman dan kasih.

Banyak orang yang digerakkan oleh materialisme. Keinginan mereka untuk memiliki menjadi keseluruhan sasaran kehidupan mereka. Gerakkan hati untuk selalu ingin lebih ini didasarkan pada kesalahpahaman bahwa memiliki lebih banyak akan membuat orang lebih bahagia, lebih penting, dan lebih aman, tetapi ketiga gasagasan ini tidak benar. Hal –hal yang dimiliki hanya memberikan kebahagian sementara. Karena hal-hal ini tidak berubah, kita akhirnya menjadi bosan dengannya, dan selanjutnya mengingini jenis-jenis yang lebih baru, lebih besar, dan lebih baik.

Juga hanya mitos yang mengatakan jika saya mendapatkan lebih banyak, saya akan menjadi lebih penting. Nilai diri sendiri dan nilai hal-hal yang Anda miliki tidaklah sama. Nilai Anda tidaklah ditentukan oleh barang-barang berharga Anda.

Mitos yang paling umum mengenai uang adalah bahwa memiliki banyak uang akan membuat saya lebih aman. Tidak akan demikian. Kekayaan bisa hilang dalam sekejap melalui faktor yang tidak bisa dikendalikan. Rasa aman sesungguhnya hanya bisa ditemukan di dalam apa yang tidak pernah bisa diambil dari Anda, yaitu hubungan Anda dengan Allah.

Banyak orang yang digerakkan oleh kebutuhan akan pengakuan. Mereka membiarkan harapan-harapan orang tua atau pasangan atau anak atau guru-guru atau teman mengendalikan kehidupan mereka. Banyak orang dewasa tetap berusaha untuk mendapatkan pengakuan orang tua yang tidak bisa disenangkan. Orang lain digerakkan oleh tekanan teman sebaya, selalu khawatir oleh apa yang mungkin dipikirkan oleh orang lain. Sayangnya, orang-orang yang mengikuti orang banyak biasanya terpengaruh oleh pantangan orang banyak itu.

Saya tidak mengetahui semua kunci menuju keberhasilan , tetapi salah satu kunci menuju kegagalan adalah berusaha menyenangkan semua orang. Dikendalikan oleh pendapat orang lain adalah cara yang pasti untuk kehilangan tujuan-tujuan Allah bagi kehidupan Anda

Ada kekuatan lain yang bisa menggerakkan kehidupan Anda, tetapi semuanya akan membawa kepada jalan buntu yang sama : potensi yang tidak digunakan, rasa tertekan yang tidak perlu, dan kehidupan yang tidak memuaskan.

0 comments

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers